Pakaian Adat Karo

Pakaian Adat Sumatera Utara & Penjelasan

Kumpulan gambar pakaian adat sumatera utara dilengkapi dengan keterangan dan penjelasan detail mulai dari suku batak toba, karo, mandailing, nias, simalungun kemudian ada suku pak pak, sampai dengan melayu yang sangat khas dengan budaya nusantara.

Berbicara mengenai pakain adat tentu semua provinsi di Indonesia memiliki pakaian yang tidak sama. Artikel ini, akan fokus memberikan setidaknya ada 7 jenis pakaian adat yang ada di sumatera utara yang bisa kalian pelajari dan ambil pengetahuan lebih dalam tentu saja.

Tentu saja ketika kita mendengar kata SUMUT maka yang paling dominan kebanyakan orang mengenal disana di huni oleh suku batak, padahal ada juga yang lain. Misalkan kalian mungkin sudah pada kenal dengan Putri Presiden kita yang beberapa bulan yang lalu menikah dengan mengususng adat Mandailing.

Baik yuk kita bahas satu persatu ya, semoga kamu semakin mencintai budaya Indonesia dimasa yang akan datang dengan melihat aneka model pakaian adat sumatera utara ini.

Pakaian Adat Sumatera Utara

1. Pakaian Adat Batak Toba

Suku Batak ini terbelah menjadi banyak suku pada dasarnya, dimana salah satunya adalah batak toba yang sangat dominan. Tentu saja jika kalian sangat familiar dengan sebuah danau terbesar di Dunia yakni danau toba maka suku ini area tinggalnya di sekitar sana makanya dinamakan dengan suku batak toba.

Kain ulos adalah salah satu kain yang menjadi bahan utama dari pakaian adat suku toba. Secara historis pakaian dari kain ini yang memang menjadi pengenal dan pembeda dari suku lainya berikut sedikit salah satu contoh pakaian adat suku batak toba.

Pakaian Adat Batak Toba
Tim penerima tamu on the wedding khas batak toba

Jenis jenis kain ulos dibagi berdasarkan coraknya antara lain:

  • Ulos Antakantak,
  • Ulos Bintang Maratur,
  • Ulos Bolean,
  • Ulos Mangiring,
  • Ulos Padang Ursa,
  • Ulos Pinan Lobu-lobu,
  • Ulos Pinuncaan, dan masih banyak lagi.

2. Pakaian Adat Mandailing

Kemudian ada juga suku batak mandailing dimana secara tritorial suku ini persebaranya berada di daerah Kabupaten Tapanulis Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, serta Kabupaten Padang Lawas.

Pakaian Penganten Mandailing
Pakaian Penganten Mandailing

Dari sisi corak pakian suku mandailing sekilas memang sangat mirp dengan batak toba, sama sama menggunakan dominana kain ulos plus tambahan hiasan yang mencerminkan perbedaan meskipun kecil.

3. Pakaian Adat Nias

Pakaian Adat Nias
rumah raja Nias yang berusia sekitar 300 tahun

Nah jika kalian sudah sampai ke suku nias yang terletak di bagian barat sumatera ini maka kalian akan menemukan sedikit perbedaan dari sisi pakaian adat dengan suku batak dimana yang sangat jelas perbedaanya adalah:

  • Pakaian adat Sumatera Utara dari suku Nias untuk laki-laki disebut Baru Oholu, sementara untuk perempuannya disebut Õröba Si’öli sedangkan dari sisi warna dominan yakni emas atau kuning. 

4. Pakaian Adat Simalungun

Sedangkan adat simalungun sendiri bahan dasar pakaian tradisionalnya sama saja dari kain ulos. Namun tentu saja meski sama dari sisi penyebutan dari masyarakat simalungun sendiri berbeda karena mereka akrab menamakanya dengan nama kain Hiou.

Pakaian Adat Simalungun
Pakaian Adat Simalungun

Ciri khas pakian adat simalungun antara lain:

  • Adanya penggunaan beragam aksesoris, misalnya penutup kepala dan kain samping.
  • Penutup kepala laki-laki disebut Gotong, untuk perempuan disebut Bulang, sementara kain sampingnya disebut Suri-suri.

5. Pakaian Adat Pakpak

Pakaian Adat Pakpak
Penyambutan deklarasi Bara Baja DJOSS

Sedangkan adat pak pak bahan dasar kainya bernama oles ya bukan ulos. Suku ini sendiri berdomisili di daerah Kabupaten Pakpak Barat dan Kabupaten Dairi. Pakaian adat pakpak sendiri memang terkenal dengan kemewahanya karena disana akan ada balutan seperti kalung emas bertahtakan permata, baik untuk pria (borgot) maupun untuk wanita (cimata).

6. Pakaian Adat Melayu

Jika di generalisasikan suku melayu sendiri memiliki persebaran yang lumayan luas meliputi: Kota Tebing Tinggi, Binjai, Medan, Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, hingga Kabupaten Batu Bara.

Pakaian Adat Melayu
Pakaian Adat Melayu

Makanya tidak heran jika anda melihat busana khas Malaysia, kemudian perpaduan busana muslim di indonesia juga banyak berada disini. Ciri khas yang paling terkenal dan simple dari pakaian adat melayu ialah baju kurungnya yang sangat anggun dikenakan ketika pesta. Kemudian ada juga tambahan bawahan sarung songket yang dililitkan di pinggang.

7. Pakaian Adat Karo

Yang terakhir adalah suku karo, ada yang menarik dari suku karo ini dimana pakaian adat mereka dari suku yang lain memiliki bahan dasar kain yang tidak sama.

Kain Uis Gara, ya jenis kain ini adalah bahan dasar dari pakaian adat mereka dimana terbut dari kumpulan kapas, kemudian tambahan dari tenun benang yang sangat khas dengan dominan warna merah, hitam sampai dengan putih.

Pakaian Adat Karo
Pakaian Adat Karo

Sedangkan dari sisi kemewahan sendiri akan diselipkan perpaduan penggunaan dari benang emas sampai dengan perak demi mendapatkan warna yang sangat indah seperti yang anda lihat pada gambar diatas.

Sampai disini, sekarang anda bisa menemukan gambaran dan menambah sedikit pengetahuan akan keberagaman budaya Indonesia dari bagian kecil beberapa suku yang ada di Pulau Sumatera Utara.