25 Jenis Kain yang Digunakan Dalam Industri Tekstil

Diposting pada

Ada banyak sekali jenis kain yang sampai sekarang populer digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan busana muslim sampai dengan hijab serta bawahan rok dan celana. Biasanya bagi kalian yang suka belanja online maka tentu saja awalnya akan bingung dimana sih letak kelebihan dan kekurangan kain yang ada dalam dekskripsi barang yang akan kalian beli maka dari itu harus tahu lebih detail memang karena beda kain akan beda rasa dan harganya.

Jenis jenis kain ini akan sangat mudah dibedakan dimana ada beberapa hal yang bisa kalian gunakan menjadi tolak ukur yang pertama adalah bagaimana dari sisi sertanya kemudian kehalusan, sampai dengan ketika jatuh ada yang lentur, kaku sampai dengan ringan dan berat. Tentu saja nanti akan berbeda mana jenis kain yang baik digunakan untuk hijab, kemudian yang cocok untuk baju muslim bawahan sampai dengan atasan.

Yuk kita akan bahas dibawah ini lengkap dengan ciri cirinya sehingga kamu semakin pintar dalam menemukan mana kiranya busana yang pas kalian gunakan dan tidak terkecoh dengan model saja namun lebih dari itu kamu bisa menkar perkiraan harga sampai dengan kualitas barang yang akan kalian beli.

Jenis – Jenis Kain

Nah jenis kain yang pertama ini adalah namanya bubble dimana dengan ciri ciri yang sangat lekat sekali mulai dari jenis kain yang sertanya padat, kemudian teksturnya juga sampai dengan tidak mudah kusut. Jenis kain ini cocok kalian gunakan dalam membuat bawahan seperti celana dan rok.

Kain Bubble

Kain Buble
Kain Buble

Jika kamu sering mendengar jenis kain baloteli maka dibawah ini adalah ciri cirinya dimana bahanya tebal dan serat pada hampir mirip dengan diatas dimana tentu saja tidak cocok digunakan dalam membuat hijab karena akan panas namun banyak juga saat ini kain baloteli sebagai bahan dasar hijab.

Kain baloteli

Ciri khas kain ini lembut dan banyak digunakan dalam membuat dress serta gamis sampai dengan hijab. Nyaman juga digunakan jadi memang diatas rata rata dari sisi kenyamanan.

Kain baloteli
Kain baloteli

Nah jika kalian mau membuat desain model hijab yang bagus dan enak dkenakan maka kami sarankan coba deh menggunakan jenis kain wolfis ini karena seratnya memang halus dan lentur serta tidak menerawang.

Kain wolfis

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan dengan kain ini dimana kain wolfis ini dari jenis kain yang paling bagus dengan tekstur yang dingin, kemudian juga halus, dan ketika digunakan di busana akan memberikan kesan jatuh, dan mudah disetrika. Mengingat dari jenis kain wolfis ini ada dua macam kualitas. Namun tentu saja ada dua jenis kain ini ada yang kualitas baik dan standar.

Kain wolfis
Kain wolfis

Kain rayon

Tekstur dari Kain ini biasanya terlihat berkilau sedangkan jika anda gunakan kemana mana akan susah kusutnya jadi cocok sekali untuk bahan dasar pembuatan baju dan celana. Selain itu dalam Serat rayon memiliki unsur kimia karbon, hidrogen, dan oksigen. Kain rayon digunakan secara luas dalam industri garmen untuk bahan pakaian dan perlengkapan busana, seperti daster, jaket, jas, pakaian dalam, syal, topi, dasi, kaus kaki, dll.

Kain rayon
Kain rayon

Buble crepe

Kain buble crepe sekarang ini banyak digunakan dalam bahan dasar pembuatan niqab. Tentu bagi kalian yang bercadar maka bahan ini bisa diguanakan dalam membuat gamis.

Sekilas mirip memang dengan jenis pada diamond crepe akan tetapi bedanya adalah jika kain diamond crepe biasanya kainnya bersifat elastis / lentur. Pada kain bubble crepe ini kainnya tidak lentur. Namun dari segi ketebalan dan tampilan antara kedua kain ini sangat mirip. Dan memang kebanyakan penggunaan kedua jenis kain crepe ini banyaknya untuk membuat jilbab cadar atau jilbab panjang.

Buble crepe
Buble crepe

Kain diamond

Kain diamond
Kain diamond

Kain satin

Kain satin
Kain satin

Kain supernopa

kain supernopa
kain supernopa

Kain bahan ceruty

kain bahan ceruty
kain bahan ceruty

Kain jersy

kain jersy
kain jersy

Kain sifon

kain sifon
kain sifon

Kain katun

Katun sendiri banyak jenisnya, ada katun combed, 30s kemudian ada katun jepang yang bisa anda bedakan dari teksturnya. Umumnya bahan katun akan tampak halus dan lembut.

kain katun
kain katun

Kain cotton combed

kain cotton combed
kain cotton combed

Kain crepe

Jenis kain ini juga ada beberapa bagian kalian bisa membedakan mana crepe biasa, diamon crepe dan yang lainya.

kain crepe
kain crepe

Nah dibawah ini adalah katun jepang dimana sangat populer sekali digunakan dalam membuat aneka desain model gamis yang saat ini sedang populer. Warnanya tentu sangat banyak juga karena dari sisi motif juga sangat banyak kalian bisa mencari mana yang kiranya pas dimana dari sisi harga juga standar dan bahanya enak digunakan membuat busana.

Kain katun jepang

kain katun jepang
kain katun jepang

Ok sahabat semua sampai disini kami bisa share beberapa model dan jenis kain yang bisa kalian lihat dan jadikan bahan refrensi semoga bermanfaat ya